Home » » 27 Juli, Kartu Banyumas Sehat Disebarkan

27 Juli, Kartu Banyumas Sehat Disebarkan

Written By banyumascilacap on Jumat, 12 Juli 2013 | 01.30

PURWOKERTO – Pasangan Achmad Husein–Budhi Setiawan akan segera menepati janji kampanye yang mereka gembor-gemborkan. Sebab, tanggal 20 Juli mendatang, Kartu Banyumas Sehat (KBS) yang menjadi program unggulan kampanye mereka dijadwalkan selesai dicetak.
“Tanggal 20 Juli, KBS tahap awal selesai dicetak dan akan langsung disebarkan. Penyebaran paling lambat akan dilaksanakan pada 27 Juli mendatang,” kata Bupati Banyumas Achmad Husein dalam Rapat Koordinasi Persiapan KBS di Gedung Graha Satria Pemkab Banyumas, Rabu (10/7).

Menghadapi hal ini, Husein meminta seluruh jajaran Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan rumah sakit untuk berbenah diri dan bersiap melayani pasien ber-KBS. Selain itu, dia juga mengajak para camat dari 27 kecamatan di Banyumas untuk menyukseskan sosialisasi dan distribusi KBS.

Dikatakan juga, launching awal KBS akan digawangi oleh Wakil Bupati Banyumas, Budhi Setiawan. “dr Budhi akan memilih satu desa di Banyumas dan me-launching kartu tersebut di sana, pemilihan desa saya serahkan ke dr Budhi,” kata bupati.

Dalam pembagian KBS tahap pertama ini, masing-masing desa di seluruh Kabupaten Banyumas akan dijatah 30 KBS. Nantinya, jumlah penerima akan terus diperbanyak hingga dapat meng-cover seluruh masyarakat miskin. “Penentuan 30 penerima awal dilakukan melalui koordinasi desa, kecamatan, dan puskesmas,” ujarnya.

Husein lebih lanjut mengingatkan seluruh camat agar segera berkoordinasi dengan puskesmas di daerah masing-masing. Koordinasi ini terkait selektivitas rujukan. “Puskesmas boleh merujuk pasien ke RSUD Banyumas atau RSUD Ajibarang jika kondisi memang dibutuhkan, kalau cuma flu atau penyakit ringan ya tidak usah dirujuk, kasihan rumah sakitnya,” kata dia.

Untuk warga miskin yang sementara belum memiliki KBS, Husein menjelaskan, mereka tetap dapat menerima bantuan dana KBS. “Warga tinggal datang ke Dinas Kesehatan, daftar KBS, lalu hari itu juga KBS akan dicetak dan dia langsung dapat menggunakaan kartu tersebut,” kata Husein.


Soal Anggaran, lanjut Husein, Pemkab juga telah mengajukan tambahan anggaran dalam anggaran perubahan. “Kalau tahun lalu dengan Jamkesda kita cukup Rp 9 miliar, maka tahun ini kita akan mengusulkan Rp 20 miliar, dan tahun selanjutnya kita menganggarkan Rp 30 miliar,” katanya. (pan)

Sumber: http://satelitnews.co
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INFO BANYUMAS CILACAP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger